Minggu, 14 Juli 2013

KANKER SERVIKS

Kanker Serviks adalah kanker yang menyerang area serviks atau leher rahim, yaitu area bawah pada rahim yang menghubungkan rahim dan alat kelamin. kanker ini disebabkan oleh virus bernama Human Papilloma Virus (HPV).
 Infeksi HPV paling sering terjadi pada kalangan dewasa muda (18-28 tahun). Wanita maupun pria yang sudah aktif secara seksual, sangat berpotensi terjangkit vurus HPV. Wanita yang berhubungan seksual di bawah usia 20 tahun serta sering berganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi.
 Kanker serviks baru akan menunjukkan gejala serius, setelah 10-20 tahun ke depan. Gejala kanker serviks pada kondisi prakanker ditandai dengan ditemukannya sel-sel abnormal di bagian bawah serviks yang dapat dideteksi melalui Pap Smear, atau tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat).

Pencegahan

  • Hindari faktor resiko, yaitu seks bebas atau berganti pasangan seksual lebih dari satu dan berhubungan seks di bawah usia 20 tahun. Karena secara fisik seluruh organ seksual dan yang terkait pada wanita baru matang pada usia 21 tahun ke atas.
  • Bagi wanita yang aktif secara seksual atau sudah pernah berhubungan seksual dianjurkan untuk melakukan tes HPV (Pap Smear, atau tes IVA).
  • Bagi Wanita yang belum pernah berhubungan seks, atau anak-anak perempuan dan laki-laki yang ingin terbentengi dari serangan virus HPV, bisa menjalani vaksinasi HPV. Vaksinasi dapat diberikan mulai dari usia 9-26 tahun, dalam bentuk suntikan sebanyak 3 kali (0-2-6 bulan). Biayanya pun terbilang murah.
  • Menjaga pola makan seimbang dan bergizi, serta menjalani gaya hidup sehat (berolahraga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar